APLIKASI SISTEM PERIODIK UNSUR BERBASIS
MICROSOFT EXCEL SEBAGAI ALAT
BANTU PEMBELAJARAN KIMIA
Oleh :
Iwan Kurniawan, S.Pd.
ABSTRAK
Proses Pembelajaran merupakan upaya guru untuk
mengarahkan peserta didik ke dalam proses belajar sehingga mereka dapat mencapai
tujuan belajar sesuai dengan yang diharapkan. Proses pembelajaran harus
dirancang secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi
peserta didik untuk berpartisifasi aktif serta memberi ruang yang cukup bagi kreatifitas
dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta
psikologis peserta didik. Proses pembelajaran
adalah bagian yang sangat penting yang perlu diperhatikan. Berhasil atau
tidaknya pendidikan akan sangat ditentukan oleh baik atau buruknya proses
pembelajaran yang dilakukan di
kelas.
Idealnya, kita mengharapkan terealisasinya proses pembelajaran yang baik
sehingga hasil yang dicapai memuaskan.
Kurikulum 2013 mengutamakan pembelajaran yang mendorong
aktifitas fisik dan mental peserta didik secara optimal sehingga dapat
mendukung untuk tumbuhnya pembelajaran aktif (active learning). Pembelajaran ini menggerakkan fisik dan mental
peserta didik sehingga memiliki banyak pengalaman belajar melalui pemberdayaan
potensi dirinya. Pembelajaran ini melatih peserta didik mampu berfikir kritis,
kreatif, kolaboratif dan komunikatif sebagaimana yang dibutuhkan dalam
kehidupan abad 21.
Menurut Michael Prince (2004), pembelajaran aktif merupakan proses pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Pelibatan siswa dalam pembelajaran bisa saja dalam bentuk mengaktifkan gerak siswa dalam pembelajaran atau bisa juga dengan mengoptimalkan fungsi dari potensi dasar yang dimiliki siswa yang telah dianugerahkan sebagai makhluk Tuhan berupa penglihatan dan pendengaran. Mengaktifkan fungsi penglihatan dan pendengaran dalam belajar merupakan langkah yang sangat penting demi tercapainya tujuan pembelajaran.
Proses pembelajaran yang dipraktekkan guru di dalam kelas terkadang belum memberikan hasil yang memuaskan. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya kesesuaian pokok bahasan dengan metode pembelajaran yang dipilih oleh guru, ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai atau mungkin proses belajar mengajar itu sendiri terasa kurang menarik bagi siswa sehingga mengakibatkan penyerapan materi pembelajaran menjadi kurang efektif. Penerapan pembelajaran yang kurang menarik ini terkadang disebabkan pembelajaran yang diterapkan guru tidak menampilkan bahan visual yang menarik sehingga dapat membangkitkan minat belajar siswa.
Untuk menyikapi hal tersebut, penulis mencoba untuk mencoba membuat suatu inovasi dalam pembelajaran, yaitu
dengan menggunakan alat bantu pembelajaran berupa Aplikasi Sistem Periodik
Unsur berbasis Microsoft Excel. Aplikasi ini adalah alat bantu agar dapat
membantu siswa lebih mudah dalam memahami materi kimia unsur. Inovasi ini juga diharapkan
dapat menumbuh motivasi dan mengoptimalkan fungsi penglihatan siswa dalam
belajar.
Trend pembelajaran saat ini sangat meminati penggunaan alat bantu pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran menjadi efektif. Salah satu alat bantu pembelajaran yang bisa digunakan adalah alat bantu berupa Aplikasi Sistem Periodik Unsur berbasis Microsoft Excel. Sistem periodik unsur adalah tabel berisi identitas unsur-unsur yang dikemas secara berkala dalam bentuk periode dan golongan berdasarkan kemiripan sifat unsurnya.
Aplikasi
Sistem Periodik Unsur berbasis Microsoft Excel adalah aplikasi yang didesain khusus untuk menunjang
pembelajaran kimia unsur secara aktif. Bentuknya seperti sistem periodik unsur
pada umumnya, namun pada sistem periodik ini dilengkapi dengan keterangan
tentang sifat fisik masing-masing unsur, beserta sifat kimia dari kelompok
unsur. Aplikasi ini memungkinkan guru dan siswa dapat mengamati sistem periodik
unsur sekaligus mempelajari sifat fisik dan kimia dari unsur.
Gambar 1. Tampilan Sistem Periodik Unsur Berbasis
Microsoft Excel
Penggunaan dalam Pembelajaran
Tindakan dilakukan guru setelah peserta didik melakukan diskusi
kelas, dengan mempertimbangkan hasil ulangan harian peserta didik. Guru melakukan
penguatan dengan cara menampilkan aplikasi sistem periodik unsur berbasis
Microsoft Excel dengan menggunakan slide infocus. Soft file tersebut juga
diberikan guru kepada siswa agar bisa dimanfaatkan siswa untuk mempermudah
memahami materi kimia unsur di kelas XII IPA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar