ALAT PERAGA MODEL ATOM BOHR SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA

 

ALAT PERAGA MODEL ATOM BOHR SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA

Oleh :

Iwan Kurniawan, S.Pd.

 

ABSTRAK

Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem. Dalam pembelajaran modern komunikasi timbal balik antara siswa dan guru serta peran aktif siswa dalam pembelajaran harus dimunculkan. Pengalaman langsung yang dialami siswa dalam pembelajaran adalah hal yang sangat penting dalam usaha mencapai tujuan dan indikator pembelajaran. Biasanya, dengan melihat, mendengar dan melakukan sendiri (mengalami) pembelajaran akan lebih memberikan efek dan pemahaman terhadap siswa dibandingkan siswa hanya mendengarkan.

Untuk bisa memunculkan keaktifan siswa, dibutuhkan media pembelajaran yang cocok. Media pembelajaran dimaksudkan agar komunikasi antara guru dan siswa dalam hal penyampaian pesan dapat berjalan lebih efektif. Siswa lebih memahami dan mengerti tentang konsep abstrak yang diinformasikan kepadanya. Siswa yang diajar lebih mudah memahami materi pelajaran jika ditunjang dengan media pembelajaran.

Salah satu bentuk media pembelajaran adalah alat peraga. Menurut Sudjana (2009), pengertian alat peraga pendidikan adalah suatu alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajar mengajar siswa lebih efektif dan efisien. Menurut Amir Hamzah (1981), bahwa Alat Peraga Pendidikan adalah adalah alat-alat yang dapat dilihat dan didengar untuk membuat cara berkomunikasi menjadi efektif”. Dari uraian tersebut jelaslah bahwa pengertian alat peraga pendidikan adalah merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa.

Tujuan dan manfaat alat peraga adalah meningkatkan semangat belajar siswa, belajar dapat berlangsung secara menyenangkan, waktu belajar lebih efisien, dan dapat meningkatkan konsentrasi siswa dalam belajar

Dalam pembelajaran kimia di SMA, salah satu materi pembelajaran yang tergolong abstrak adalah materi yang berkaitan dengan konsep atom. Dalam hal ini lebih spesifik pada bahasan model atom Bohr, karena model atom ini berkaitan langsung dengan beberapa subbahasan lain di dalam pembelajaran kimia, yaitu konfigurasi elektron, bilangan kuantum dan letak atom dalam sistem periodik. Oleh karena itu dibutuhkan media yang dapat memberikan gambaran lebih nyata terhadap konsep atom Bohr agar lebih mudah difahami siswa.

Berangkat dari kondisi di atas, maka saya berinisiatif membuat alat peraga model atom Bohr. Alat peraga ini nantinya dapat digunakan untuk membantu siswa memahami konsep atom Bohr yang abstrak menjadi lebih tergambarkan dengan jelas. Kondisi elektron dalam atom pun dapat disaksikan siswa secara lebih nyata dengan model elektron yang dibuat sesuai dengan arah rotasinya. Dengan alat peraga ini, siswa dapat memahami susunan-susunan elektron dalam orbital, menentukan bilangan kuantum untuk elektron terakhir dan bahkan dapat langsung menentukan letak suatu unsur dalam sistem periodik unsur.

Gambar 1. Alat Peraga Atom Bohr


Penggunaan dalam Pembelajaran

Alat peraga ini digunakan untuk membantu mempermudah siswa dalam memahami atom Bohr yang terkait dengan konfigurasi elektron dan penentuan bilangan kuantum. Pembahasan tentang atom adalah pembahasan yang bersifat abstrak karena yang menjadi objek pembelajaran memiliki ukuran yang tidak dapat dilihat secara kasat mata. Oleh karenanya dibutuhkan alat peraga yang memberikan kesan lebih nyata mengenai atom secara jelas.

      Materi dalam mata pelajaran kimia di SMA yang terkait dengan alat peraga ini adalah pada pembahasan struktur atom di kelas XI IPA, khususnya pada sub bahasan model atom Bohr, konfigurasi elektron, bilangan kuantum dan penentuan letak unsur dalam sistem periodik. Walaupun di kelas X terdapat bahasan tentang model atom, namun belum dimaksudkan untuk menjelaskan konsep orbital atom. Oleh karena itu, alat ini lebih tepat digunakan untuk bahasan struktur atom di kelas XI IPA.

Cara penggunaan alat peraga ini adalah sebagai berikut:

1.    Pastikan menyiapkan jumlah elektron sesuai dengan nomor atom unsurnya

2.    Model elektron di tempelkan terhadap model orbital yang telah ditentukan posisinya

3.  Pengisian elektron haru mematuhi aturan Aufbau (mendahulukan pengisian elektron pada orbital yang tingkat energinya lebih rendah) dan aturan Hund (elektron baru berpasangan jika sudah tidak ada lagi orbital yang kosong)

Gambar 2. Penggunaan Alat Peraga di Sekolah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DIRGAHAYU RI KE 75, JAYALAH INDONESIAKU