INOVASI PEMBELAJARAN PENGGUNAAN KARTU DOMINO DALAM PEMBELAJARAN TATANAMA SENYAWA KIMIA
Oleh :
Iwan
Kurniawan, S.Pd.
ABSTRAK
Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah,
pembelajaran merupakan aktivitas yang paling utama. Proses
pembelajaran tentunya akan dapat dilaksanakan dengan lebih baik apabila telah
dirancang dengan baik pula. Keberhasilan
pencapaian pendidikan banyak bergantung pada proses pembelajaran yang
berlangsung secara efektif dan melibatkan banyak aktivitas peserta didik. Agar
pembelajaran berlangsung secara efektif dan melibatkan peserta didik secara
aktif, selain penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik
materi pelajaran peran dari alat bantu pembelajaran juga sangat penting.
Menurut Oemar Hamalik (2006), pembelajaran adalah suatu
kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material fasilitas,
perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi tercapainya tujuan
pembelajaran. Menurut Sudjana, pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap upaya
yang sistematik dan sengaja untuk menciptakan agar terjadi kegiatan interaksi
edukatif antara dua pihak yaitu antara peserta didik dan pendidik yang
melakukan kegiatan membelajarkan.
Pembelajaran yang diasuh guru di kelas terkadang terasa belum memberikan hasil yang memuaskan. Hal ini tentunya dapat disebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhi, misalnya metode pembelajaran yang dipilih oleh guru belum sesuai dengan karakteristik materi yang diajarkan. Atau mungkin proses belajar mengajar itu sendiri belum terasa menarik bagi peserta didik sehingga mengakibatkan rendahnya penyerapan materi pembelajaran oleh peserta didik. Pembelajaran terasa kurang menarik ini mungkin disebabkan oleh pembelajaran yang diterapkan guru hanya berlangsung satu arah. Peserta didik pasif mendengarkan guru yang menerangkan di depan kelas dan tidak berperan aktif dalam pembelajaran. Mungkin juga karena materi pelajaran tersebut membutuhkan alat bantu pembelajaran sehingga lebih mudah untuk dipahami.
Untuk
menyikapi kondisi tersebut,
penulis mencoba melakukan perbaikan dalam pembelajaran, yaitu dengan
mengaktifkan siswa dalam diskusi kelompok. Di dalam diskusi tersebut, siswa
diajak berlatih untuk menamai senyawa kimia dengan permainan kartu domino. Kartu
domino ini adalah alat bantu agar peserta didik bisa belajar secara
menyenangkan dalam mengerjakan soal terkait penamaan senyawa kimia.
Kartu domino adalah kertas tebal berukuran kecil yang digunakan untuk
bermain dimana setiap kartu dibagi menjadi dua bagian
yang memuat rumus dan nama senyawa kimia pada dua bagian kartu tersebut. Peserta didik dapat
mencocokkan antara rumus senyawa dengan nama senyawanya dengan prinsip mirip
dengan permainan kartu domino, meskipun tidak sama sepenuhnya karena ada
beberapa penyesuaian yang diperlukan.
Tujuan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kartu domino iniaadalah sebagai untuk membantu mempermudah peserta didik dalam memahami penamaan tatanama senyawa, untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, memupuk semangat kerjasama serta kemampuan berkomunikasi dalam kelompok dan untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik pembelajaran.
Gambar 1. Kartu domino tatanama senyawa kimia
Penggunaan
dalam Pembelajaran
Kartu domino tatanama senyawa
kompleks ini digunakan dalam
pembelajaran pada sub pokok bahasan tatanama senyawa kimia. Aturan dalam permainan kartu domino tatanama
senyawa kimia adalah sebagai berikut :
1) Salah seorang pemain mengocok kartu domino tatanama
senyawa kompleks.
2) Kartu dibagikan kepada setiap pemain masing-masing
empat buah kartu, dan sisanya disimpan atau ditumpuk di atas meja di
tengah-tengah para pemain.
3) Pengocok kartu mengambil satu buah kartu dari
tumpukan sisa kartu yang dibagikan dan kemudian diletakkan di atas meja.
4) Permainan dimulai sesuai dengan aturan yang berlaku
dalam permainan domino.
5) Setiap pemain mencari pasangan untuk kartu yang ada
di atas meja
6) Tuliskan di lembar LKPD, rumus senyawa dan nama
senyawanya serta ligan dan biloks atom pusatnya.
7) Kemudian sesuai arah jarum jam, pemain lain membuat
pasangan kartu di meja.
Gambar 2. Foto
dokumentasi penggunaan kartu domino tatanama senyawa kompleks dalam
pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar